<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='news'>headlines</a></div>

Cara Mengaktifkan Akun Sekolah di Layanan Padamu Negeri

Aktivasi akun sekolah di layanan informasi terpadu Padamu Negeri dilakukan oleh pihak sekolah dalam hal ini salah seorang PTK di sekolah yang telah ditunjuk menjadi operator sekolah. Aktivasi ini bertujuan untuk melakukan proses pemuktahiran data NUPTK tahun 2013. Pemutakhiran data atau disebut juga verivikasi validasi (verVal) dilaksanakan secara online melalui layanan Padamu Negeri.

Bagi petugas sekolah yang mengurus tersebut, Akun yang telah di aktifkan ini digunakan untuk proses pengisian dan update data PTK berbasis NUPTK, untuk mengecek dan mencari data NUPTK berdasarkan formulir PTK, dan mencetak lembar tanda bukti VerVal.

Sebelum mengaktifkan akun sekolah yang harus dipersiapkan adalah Surat Aktivasi Akun Sekolah yang berisi User ID (SIAP ID) dan Kode Aktivasi. Sebelum melakukan aktivasi akun sekolah perlu menganbil akun login yang dikeluarkan oleh Admin Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing. Dengan demikian data-data yang perlu dipersiapkan adalah:

  1. Surat aktivasi akun sekolah (user ID dan Kode Aktivasi)
  2. Kata Sandi/Password
  3. Data Administrator = Nama, TTL, Jenis Kelamin, alamat, dan Email Admin
  4. Data Sekolah = NPSN, Status sekolah, Nama Kepala Sekolah, Alamat Sekolah : Desa, Kecamatan, nomor telepon, alamat email sekolah dan Website sekolah (jika ada)
  5. Peta sekolah via Google Map

Setelah data-data diatas dipersiapkan, maka langkah selanjutnya adalah Aktivasi Akun Sekolah di Layanan Padamu Negeri.

Langkah-langkah Mengaktifkan Akun Sekolah di Layanan Padamu Negeri

  • Kunjungi website http://padamu.siap.web.id
  • Pilih Login di menu atas, dan selanjutnya pilih Aktivasi Akun Sekolah, seperti gambar berikut:


  • Berikutmya Anda akan diarahkan ke halaman aktivasi.siap.web.id/padamu, seperti gambar berikut:

  • Masukkan User_ID (SIAP ID) dan Kode Aktivasi yang sudah didapat dari Dinas Pendidikan
  • Jika berhasil Login, akan tampil Pengaturan akun, seperti gambar berikut:


  • Menu Password (Atur Username, Kata Sandi/Password, dan Email)
  • Selanjutnya isikan data Admin Sekolah, seperti gambar berikut:


  • Masukkan data Admin Sekolah (Nama, Jenis Kelamin, Tempat lahir, Tanggal Lahir, Alamat, dan Nomor Telp/HP
  • Berikutnya klik Lanjut, Anda akan diarahkan untuk pengisian data Profil Sekolah, seperti gambar berikut:


  • Isikan data profil sekolah, seperti: NPSN, Status Sekolah (Negeri, Swasta), Alamat Sekolah, Nama Kepala Sekolah, Alamat Sekolah (Jalan, Kecamatan, Kelurahan/Desa), Kontak Sekolah dan Nomor Telepon, Email Resmi Sekolah, dan Website Sekolah (Jika ada)
  • Selanjutnya tentukan Lokasi Sekolah di peta, seperti gambar berikut:


  • Setelah data-data di atas lengkap dan benar lalu Simpan
  • Selesai, silahkan login dengan USER ID dan PASSWORD yang telah Anda buat.

Proses VerVal Ulang data NUPTK tahun 2013 secara online melalui layanan Padamu Negeri dimulai sejak tanggal 3 sampai 30 September 2013. Diharapkan semua sekolah di Indonesia melakukan VerVal Ulang ini pada masa yang telah ditentukan.

Demikianlah, uraian singkat ini semoga bisa membantu Anda yang kesulitan melakukan Aktivasi Akun Sekolah di Layanan Padamu Negeri. Terima kasih.

Anda seorang guru dan sudah terdaftar di facebook, bergabunglah di grupnya para guru: Sahabat Guru Nusantara dan bagikan artikel ini ke teman kita melalui:



0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar anda!