<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='news'>headlines</a></div>

Gaji PNS, TNI, Polri, dan Pensiunan Naik 7% Tahun 2013

Kabar gembira bagi PNS, anggota TNI, dan Polri, dimana Pemerintah berencana akan menaikkan gaji pokok mereka sebesar rata-rata 7% pada tahun 2013. Selain itu, pemerintah juga merencanakan kenaikan gaji para hakim. Pemerintah tidak menyebutkan besar kenaikankannya, namun dengan kenaikan gaji ini membawa para hakim ketingkat kesejahteraan yang lebih baik dan lebih sepadan dengan tugas dan tanggung jawabnya. Pemerintah juga akan meneruskan kebijakan pemberian gaji dan pensiun bulan ke-13 bagi PNS, TNI, dan Polri yang akan dibayarkan pada tahun ajaran baru 2013.

Dengan kebijakan pemerintah menaikkan gaji pokok PNS, anggota TNI, dan Polri, maka alokasi anggaran belanja pegawai dalam RAPBN 2013 sebesar Rp 241,1 triliun. Ini berarti naik 13,6% dibandingkan alokasi tahun 2012 atau meningkat Rp 28,9 triliun. Kenaikan ini merupakan kelanjutan reformasi birokrasi, untuk memperbaiki kesejahteraan aparatur negara, baik PNS, anggota TNI maupun Polri, dan juga para pensiunan.

Pemerintah mengalokasikan dana untuk membayar Tunjangan Profesi bagi Guru PNS Daerah sebesar Rp 43,1 triliun. Banyaknya permasalahan penyaluran dana tersebut yang masih terjadi, terutama masalah keterlambatan penerimaan. Pemerintah berjanji pada tahun 2013 mendatang, proses yang menghambat dapat ditiadakan. Selain itu, alokasi dana Bantuan Operasional Sekolah mencapai lebih dari 30% dari Dana Penyesuaian pada RAPBN 2013. Dana Penyesuaian tersebut telah mengalami peningkatan sekitar 20% yakni mencapai Rp 70,4 triliun. Dana BOS ditujukan untuk menstimulasi daerah dalam memenuhi penyediaan anggaran pendidikan di daerah, dan bukan sebagai pengganti dari kewajiban daerah untuk menyediakan anggaran pendidikan BOS Daerah.

Untuk pembayaran honorarium, vakasi, lembur, dan sebagainya, pemerintah dalam RAPBN 2013 mengalokasikan Rp 51,6 triliun atau 21,4% dari total belanja pegawai. Jumlah ini menunjukkan peningkatan sebesar Rp 9,9 triliun atau 23,7%, dibandingkan dengan alokasi dalam APBN-P 2012 sebesar Rp 41,7 triliun. Sementara itu, alokasi anggaran pada pos kontribusi sosial, yaitu untuk membayar pensiun dan asuransi kesehatan, dalam RAPBN tahun 2013 direncanakan sebesar Rp 77,3 triliun atau 32,1% dari total belanja pegawai. Jumlah ini secara nominal menunjukkan peningkatan sebesar Rp 8,1 triliun atau 11,7% dibandingkan dengan alokasinya dalam APBNP 2012.

Anda seorang guru dan sudah terdaftar di facebook, bergabunglah di grupnya para guru: Sahabat Guru Nusantara dan bagikan artikel ini ke teman kita melalui:



11 komentar:

Adi Pradana mengatakan...

jika benar adanya, alhamdulillah. :)

Edy Samsul mengatakan...

Info yg bagus, mudah2an kenaikan ini tdk dikejar oleh kenaikan harga barang, tarif dan jasa. Trend nya belum lagi gaji naik, harga dan sebagainya telah duluan naik. salam jumpa, pak...

Ade Malsasa Akbar mengatakan...

Boleh tanya, Kang? Berapa penghasilan akang per bulan? Saya melihat nama akang di blog lain. Tolong kirim salinan komentar ke blog saya juga, ya?

modzjempol mengatakan...

Terus saja gajih pegawai merangkak naik, sedangkan masyarakat Indonesia sebagian masih tidak ada yang punya pekerjaan dan masih sengsara. Adeuh inikah yang dinamakan kebijaksanaan.

Gathot Novin mengatakan...

wah kapan ya bisa jadi PNS....hehehe...
tp gak lah pengen usaha sendiri saja di online kaya agan dapt uang dari iklan...salam kenal gan...

Gathot Novin mengatakan...

tkar link bisa gan..???
kalo mau email saya sunis.novin@gmail.com / novin_gatot@gmail.com
terima kasih sebelumnya

Nedi Arwandi mengatakan...

Kabar gembira nih,
semoga saja dengan kenaikan gaji'y tambah HEBAT kerjanya,
Kunjungan malam nih pak Jamaris....

Rafly rast mengatakan...

enaknya jadi PNS,, gaji naik terus...

Rudy Hartono mengatakan...

semoga aja naik, walaupun sy bukan pns, thanks informasinya

Rasyid ZM mengatakan...

Bagaimana dengan gaji karyawan swasta? ada wacana gaji PNS dan Karyawan akan disamakan? benarkah?

Jaenal Islam mengatakan...

Pemerintahan sekarang(Tahun 2013)sudah bagus dan peka. Karena adanya kenaikan gaji pada PNS, TNI/POLRI dan Pensiunan, nilai mata uang rupiah sekarang relatif rendah, karena pengaruh dengan daya beli sejumlah uang yang dimiliki. Apalagi dengan harga bahan pokok pada saat ini. Bila Pemerintah akan merealisasikan Manfaat Pensiun Sekaligus berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. 50/PMK.010/2012 telah ditetapkan oleh Menkeu dan diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM per tanggal 3 April 2012 adalah suatu langkah bagus, objektif dan efisien. Untuk masing-masing pangkat/golongan dan masa kerja, Paling rendah 500 juta paling tinggi 1,5 milyar.

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar anda!