<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='news'>headlines</a></div>

Daftar Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2012 di Seluruh Indonesia

Pada tahun 2012 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan (BPSDMP) dan Penjamin Mutu Pendidikan (PMP) akan terus melanjutkan program sertifikasi guru sebagaimana yang telah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu. Belum semua guru yang akan mendapat kesempatan untuk mengikuti sertifikasi guru tahun 2012. Calon peserta sertifikasi guru tahun 2012 harus memenuhi persyaratan dan sesuai database NUPTK per tanggal  1 Desember 2011 


Persyaratan Calon Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2012

  1. Guru yang masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki izin penyelenggaraan.
  3. Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan: bagi pengawas satuan pendidikan selain dari guru yang diangkat sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (1 Desember 2008), atau bagi pengawas selain dari guru yang diangkat setelah berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru harus pernah memiliki pengalaman formal sebagai guru.
  4. Guru bukan PNS pada sekolah swasta yang memiliki SK sebagai guru tetap dari penyelenggara pendidikan (guru tetap yayasan), sedangkan guru bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK pengangkatan sebagai guru dari Bupati/Walikota.
  5. Sudah menjadi guru pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ditetapkan (30 Desember 2005).
  6. Pada tanggal 1 Januari 2013 belum memasuki usia 60 tahun.
  7. Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).
  8. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang BELUM memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila: pada 1 Januari 2012 sudah mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a (dibuktikan dengan SK kenaikan pangkat).

Daftar calon peserta sertifikasi guru diurutkan berdasar kriteria berturut turut usia, masa kerja, dan golongan.

Jika data anda belum tertera dalam daftar layak calon peserta padahal saudara memenuhi syarat, anda dapat melakukan pengecekan dan perbaikan data ke dinas pendidikan kabupaten/kota setempat dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.


Prosedur perbaikan data NUPTK

  1. Guru membawa salinan dokumen sebagai bukti fisik perbaikan data ke dinas pendidikan setempat.
  2. Dinas pendidikan kabupaten/kota melakukan perbaikan database NUPTK guru tersebut dan mengirimkan salinan dokumen tersebut ke LPMP.
  3. LPMP melakukan persetujuan (approval) terhadap perbaikan data tersebut berdasarkan salinan dokumen yang dikirim oleh dinas kabupaten/kota.

Perbaikan data NUPTK untuk pelaksanaan sertifikasi guru 2012 berakhir pada tanggal 1 Desember 2011.

Apakah anda sudah terdaftar sebagai calon peserta sertifikasi guru tahun 2012 dan bagaimana cara melihatnya? Berikut ini saya jelaskan langkah-langkah untuk melihat calon peserta sertifikasi guru tahun 2012 sesuai database NUPTK berdasarkan provinsi dan kabupaten/kota untuk guru diseluruh Indonesia.


Cara Melihat  Calon Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2012



  • Pilih Propinsi yang ingin anda tampilkan, misalnya SUMATERA BARAT seperti gambar berikut:


  • Pilih Kabupaten/Kota yang ingin anda tampilkan, misalnya SIJUNJUNG seperti gambar berikut:


  • Selanjutnya klik Tampilkan, maka akan muncul daftar nama-nama peserta sertifikasi SIJUNJUNG seperti gambar berikut:


  • Lihat daftar berdasarkan NUPTK, Nama Sekolah, Pendidikan, Usia (tahun dan bulan), Masa Kerja (tahun dan bulan), serta Golongan.
  • Buka halaman demi halaman untuk melihat data anda karena perhalaman biasanya menampilkan 20 peserta.

Demikianlah cara melihat daftar nama bakal calon peserta sertifikasi guru tahun 2012. Bila anda mengalami kesulitan, sampaikan melalui kolom komentar dibawah!. Mudah-mudahan anda termasuk salah seorang guru yang akan disertifikasi pada tahun 2012. Bagi yang belum terpanggil, tunggu saja sertifikasi guru tahun 2013 atau sertifikasi guru tahun 2014. Jangan lupa tingkatkan terus kinerja anda sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Terima kasih.

Anda seorang GURU dan sudah terdaftar di facebook? Kami mengajak Anda untuk bergabung di Grup SAHABAT GURU NUSANTARA di sini. Gurup ini sebagai forum berbagi informasi sesama guru di seluruh tanah air. Selamat bergabung!

Anda seorang guru dan sudah terdaftar di facebook, bergabunglah di grupnya para guru: Sahabat Guru Nusantara dan bagikan artikel ini ke teman kita melalui:



25 komentar:

Anonim mengatakan...

Data untuk sertifikasi tahun 2012 amburadul pak... orang yang sudah lulus sertifikasi kenapa namanya keluar juga? terutama di Kepulaun Riau khususnya Kota Batam... terimakasih

Jamaris mengatakan...

Kelihatannya memang begitu, namun yg jelas mereka yg telah disertifikasi tentu tidak akan dipanggil lagi. Sedangkan yg belum akan dipanggil sesuai dengan urutan pendikan, usia, dan masa kerja. Terima kasih!

KANGEAN SERANTAU mengatakan...

pak, nama saya kok hilang di dta bakal calon sertifikasi 2012, pdahal sbelumnya nama saya itu ada tapi skarang kok gk ada....mohon pnjelasan pak..

Jamaris mengatakan...

Saya kira nama Bpk bukan hilang, mungkin tidak ditampilkan karena urutan didasarkan kepada: umur, masa kerja, dan pendidikan. Sabar Pak, tunggu saja antrian!

KANGEAN SERANTAU mengatakan...

bukan gitu pak, umur sya di data tsb 34 th 8 bln, waktu data base kluar awal blan 11 ini, nama saya trcantum di urutan 1241, setelah sya cek kembali akhir bln ini kmarin tgl 25 kok tau2 nama sya tsb gk ada dan dan berganti nama......mohon penjelasan pak....klu bapak bisa bantu tuk meluruskan saya akan kirim data2 saya...trims

Jamaris mengatakan...

Pak Kangen Serantau, data yang Bpk lihat di website tersebut adalah berdasarkan data base tgl. 30 September 2011, data sekarang yg ditampilkan berdasarkan data base tgl 19 November 2011. Saran saya, sebaiknya Bpk. melakukan pengecekan dan perbaikan data ke dinas pendidikan Kabupaten/Kota tempat Bpk. bertugas. Semoga jawaban ini dapat membantu Bapak. Terima kasih!

KANGEAN SERANTAU mengatakan...

ok, pak trima kasih, salam kompersa..dari kami

Unknown mengatakan...

pak saya pegawai kementerian agama provinsi bali kabupaten badung, dimana saya harus daftar, agar masuk daftar base pak. trm ksh

Unknown mengatakan...

pak sy mau tanya apakah data yang tertera ini bener data sertifikasi thn 2012 dan tidak berubah lagi?terimasih pak mhon pnjlsannya.

soepardie mengatakan...

asik saya udah.....

Jamaris mengatakan...

Mohon kepada yang berkomentar untuk mencantumkan nama anda. Terima kasih!

koko mengatakan...

Nama saya Kodrad, seorang guru Non-Pns. Nama saya tercantum sebagai calon guru sertifikasi 2012 untuk provinsi Lampung dengan nomor urut 748. Setelah semua berkas saya lengkapi dan dikumpulkan ke dinas P & K setempat, ternyata ditolak dengan alasan pada SK jam mengajar, saya bertugas sebagai GURU AGAMA bukan guru kelas. Mengapa bisa demikian dan apa yang harus saya lakukan? Terima kasih.

koko mengatakan...

Nama saya Kodrad, seorang guru Non-Pns. Nama saya tercantum sebagai calon guru sertifikasi 2012 untuk provinsi Lampung dengan nomor urut 748. Setelah semua berkas saya lengkapi dan dikumpulkan ke dinas P & K setempat, ternyata ditolak dengan alasan pada SK jam mengajar, saya bertugas sebagai GURU AGAMA bukan guru kelas. Mengapa bisa demikian dan apa yang harus saya lakukan? Terima kasih.

sangkutspd mengatakan...

Terima kasih atas info nya

sukma mengatakan...

saya sudah mengajar selama 15 tahun di beberapa sekolah. sekarang saya menjadi CPNS. Dengan usia 35 tahun, bolehkan saya daftar mengikuti proses sertifikasi tahun 2013. Terima kasih.
Sukma

sertifikasi guru mengatakan...

mohon bantuannya dari bapak2/ibu2 di kementerian pendidikan indonesia, bagaimana solusinya untuk lulus sertifikasi bagi guru NON PNS sekolah negeri yang dari awal mengajar sampai sekarang SK pengangkatan yang diterimanya hanya SK dari kepala sekolah & komite ? karena syaratnya SK dari bupati/walikota. mohon solusinya Bapak/Ibu.

sertifikasi guru mengatakan...

dari ranto-bangkinang

sertifikasi guru mengatakan...

mohon bantuannya dari bapak2/ibu2 di kementerian pendidikan indonesia, bagaimana solusinya untuk lulus sertifikasi bagi guru NON PNS sekolah negeri yang dari awal mengajar sampai sekarang SK pengangkatan yang diterimanya hanya SK dari kepala sekolah & komite ? karena syaratnya SK dari bupati/walikota. mohon solusinya Bapak/Ibu.

bery mengatakan...

pak saya guru kelas yang sudah bertugas selama 26 tahun,,,umur saya 46 tahun,,pendidikan SPG,,golongan IIID mengapa sampai saat ini nama saya belum terpanggil untuk sertifikasi guru,,di mohon penjelasannya pak

elindrasuryati mengatakan...

Pak saya Elindra suryati dari pekan baru Riau, disini saya juga mau bertanya NAMA dan NUPTK saya gak keluar dan hilang pak utk 2012, rekan sy juga ada yang NUPTKnya telah di sertifikasikan oleh org lain / dipakai org lain.. MOHON penjelasan dari bapak....

Effendi Dalimunthe mengatakan...

pak untuk daerah simalungun khususnya MTs kok ngak keliatan....

SMP NEGERI 12 TASIKMALAYA mengatakan...

pak nama saya deni, saya diangkat cpns bulan januari 2010 kemudian diangkat menjadi pns september 2011 umur saya sekarang 37 tahun..
di sekolah saya yg belum sertifikasi 6 orang dan saya paling tua tapi yg d bawah saya usianya dingkat pns nya tahun 2005...
pertanyaan saya apakah saya sudah dapat ikut sertifikasi atau akan terpanggil sertifikasi tahun 2013... sy sudah punya nuptk..

marsugi antoro mengatakan...

Pak di mana bisa saya liat hasil pengumuman/PPG tes yang di jogya.

yohan mahrum mengatakan...

dimana pengumuman sertifikasi guru yang ikut diklat di jateng

yohan mahrum mengatakan...

tolong minta alamatnya,

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar anda!