<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='news'>headlines</a></div>

Cara Melihat Nilai Mahasiswa Universitas Terbuka

Universitas Terbuka (UT) merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dengan berbagai jurusan. Sebagai unit pelaksana teknis Universitas Terbuka di daerah dilaksanakan oleh Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT). Terdapat 37 Lokasi UPBJJ-UT yang tersebar di seluruh tanah air dengan puluhan ribu mahasiswa.

Dewasa ini Universitas Terbuka (UT) berkembang sangat pesat. Sebagian besar mahasiswanya berasal dari kalangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Sebagaimana yang diamanat oleh Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, bahwa Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kualifikasi akademik sebagaimana dimaksud diperoleh melalui pendidikan tinggi program sarjana atau program diploma empat. Tentu anda sudah tahu dengan UU-RI No. 14 tahun 2005 tersebut bukan? Jika belum segera download di sini

Dengan keluarnya Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, maka para guru banyak melanjutkan pendidikannya melalui Universitas Terbuka (UT) untuk memperoleh strata 1 (S1). Hal ini dimungkinkan karena Universitas Terbuka dapat menjangkauan mahasiswa yang sebahagian besar berada di daerah pelosok tanah air. Mungkin anda salah satu mahasiswa yang telah, sedang, dan akan mengikuti progran sarjana di Universitas Terbuka.

Sesuai dengan judul artikel, maka pada kesempatan ini saya akan menjelaskan cara melihat nilai mahasiswa Universitas Terbuka. Sengaja saya menulis ini karena banyak mahasiswa UT yang yang menanyakan soal ini, terutama teman-teman yang berdekatan dengan saya. Tidak ada salahnya saya juga berbagi kepada rekan-rekan mahasiswa yang lain di seluruh tanah air.

Perlu diketahui bahwa UT mengumumkan nilai mahasiswanya paling cepat 8 minggu setelah ujian. Sebagai contoh: Untuk Masa Registrasi/Ujian 20xx.1 pada akhir Juni, maka pengumumannya ± pada awal September. Sedangkan untuk Masa Registrasi/Ujian 20xx.2 pada pertengahan November, maka pengumumannya ± pada akhir Januari tahun berikutnya

Langkah-langkah melihat nilai mahasiswa UT

  • Kunjungi website resmi UT di sini
  • Anda dibawa ke halaman utama (home) seperti gambar berikut:


  • Selanjutnya klik menu “Mahasiswa” seperti gambar berikut:


  • Pada label (bagian kiri) klik salah satu “Nilai Pendas” atau “Nilai Non Pendas” sesuai program akademik yang anda ikuti. 
  • Berikutnya anda akan dibawa masuk ke halaman “Formulir Permintaan Nilai” seperti gambar berikut:



  • Isi data anda dengan lengkap pada Formulir Permintaan Nilai (Tulis NIM dengan jelas, tulis Tanggal Lahir yang benar, dan pilih Masa Registrasi/Ujian). Anda dapat melihat seluruh Nilai sejak registrasi Pertama sampai terakhir dengan melilih “Semua” pada Masa Registrasi/Ujian
  • Selanjutnya anda dibawa ke “Daftar Nilai Ujian
  • Jangan lupa untuk menyimpan dokumen anda, dengan “Ctrl+P pada keyboard (perangkat harus terhubung dengan Printer
  • Selesai

Bagi anda yang ingin melihat nilai UT dengan langkah yang lebih cepat, langsung aja di sini:


Demikianlah, Semoga bermanfaat. Terima kasih.


Anda seorang guru dan sudah terdaftar di facebook, bergabunglah di grupnya para guru: Sahabat Guru Nusantara dan bagikan artikel ini ke teman kita melalui:



1 komentar:

dathunxs_return mengatakan...

info ini sangat membantu saya.... terima kasih & ditunggu info lainnya, maju terus bro...

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar anda!